1. TOP
  2. Sejarah dan Budaya Jepang
  3. Teater Tradisional Jepang

Teater Tradisional Jepang

Sejarah dan Budaya Jepang
この記事は約 6 分で読めます。 221 Views
Kabuki di gedung teater Jepang

Haloo reader, berhubung hari ini bertepatan dengan hari Teater Se-Dunia, HaiJepang.com mengucapkan selamat Hari Teater Se-Dunia untuk semua reader setianya kita. Berhubung Hari teater HaiJepang kali ini akan mengulik sedikit tentang teater Jepang. hayooo, apa aja ya Teater yang ada di jepang itu ??

Gini, Jepang memang dikenal sebagai negara yang kaya akan teknologi. Tak hanya itu, budaya dan tradisi jepang juga tak kalah menarik untuk disimak. Salah satunya teater tradisional atau yang biasa disebut dengan teater klasik. Jepang memiliki beberapa jenis teater klasik diantaranya adalah Kabuki, Noh, Bunraku dan Kyogen. Berikut  HaiJepang.com akan mengulas tentang teater-teater tersebut.

  1. Kabuki

Kabuki di gedung teater JepangKabuki adalah seni peran atau teater klasik Jepang yang memiliki tiga suku kata bahasa Jepang yaitu “Ka” yang berarti Menyanyi, “Bu” yang berarti Menari dan “Ki” yang berarti Ketrampilan. Jadi, Kabuki dapat diartikan sebagai seni ketrampilan Menyanyi dan Menari. Teater Klasik ini telah dimulai sejak tahun 1603 hingga sekarang. Berbeda dengan teater Modern, kabuki sendiri tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Kabuki memiliki ciri-ciri menggunakan tata rias (Make Up) dan kostum yang rumit, semua peran dalam teater ini diperankan oleh laki-laki dan biasanya disukai oleh masyarakat kalangan bawah karena teater ini memiliki banyak atraksi.

  1. Noh

Salah satu Tokoh Noh

Noh adalah seni pementasan drama yang diperankan oleh laki-laki yang menggunakan topeng. Hampir sama dengan Kabuki, yaitu seni ketrampilan menyanyi dan menari yang semua tokoh diperankan oleh laki-laki, namun ada satu orang pemeran dalam pementasan ini yang di perankan oleh seorang wanita, walaupun bukan sebagai pemeran utamanya. Noh dikenal dengan seni pementasan yang gerakan dalam tariannya sangat lembut. Noh merupakan seni pementasan yang sangat disukai oleh para bangsawan karena terlihat lebih elegant. Para aktor dalam drama ini sudah sangat terlatih karena mereka sudah di latih sejak kecil oleh ayahnya.

  1. Bunraku

Penampilan BunrakuBunraku adalah seni teater yang sangat berbeda dengan dua seni teater diatas. Bunraku adalah seni teater yang menggunakan Boneka sebagai pemeran utama, atau bisa disebut Drama Boneka. Bunraku dimainkan oleh tiga orang sebagai penggerak boneka. Boneka yang digunakan dalam teater ini adalah boneka yang berukuran kurang lebih 2/3 dari orang normal.

  1. Kyogen

Kyogen TheaterKyogen merupakan seni pertunjukan yang biasanya dilakukan pada sela-sela penampilan Noh. Seni pertunjukan ini adalah sebuah seni tarian klasik Jepang yang bersifat lelucon. Kyogen dipentaskan dengan aksi dan dialog yang sangat atraktif yang dapat membuat para penonton tertawa. Seni pertunjukan ini mengangkat cerita-cerita rakyat atau kehidupan masyrakat sehari-hari.

(Aldhyta)

\ SNSでシェアしよう! /

HaiJepang.comの注目記事を受け取ろう

Kabuki di gedung teater Jepang

この記事が気に入ったら
いいね!しよう

HaiJepang.comの人気記事をお届けします。

  • 気に入ったらブックマーク! このエントリーをはてなブックマークに追加
  • フォローしよう!

ライター紹介 ライター一覧

Aldhyta

Aldhyta

この人が書いた記事  記事一覧

  • 9 Ungkapan dalam Bahasa Jepang

  • Macam-Macam Festival Tahunan di Jepang

  • Belajar Kanji dari Cerita?

  • Cemilan khas 4 musim di Jepang

関連記事

  • Macam-Macam Festival Tahunan di Jepang

  • Hanami, Tradisi Jepang Menikmati Keindahan Bunga Sakura

%d blogger menyukai ini: